Adakan Seleksi Tingkat Satuan Pendidikan MAN IC Kota Palu Siap Hadapi KSN tahun 2022

Palu (MAN IC Kota Palu), Untuk menghadapi ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2022 mendatang, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Palu mengadakan seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN-M) tingkat sekolah/madrasah atau seleksi di satuan pendidikan. Jum’at 11 Maret 2022 lalu, pukul 15.30-17.00 Wita,

Seleksi KSN-M ini bertujuan untuk menyeleksi anak-anak yang akan mengikuti KSN di tingkat Kabupaten/Kota. Peserta seleksi adalah Kelas X dan XI dengan 9 bidang lomba diantaranya: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Informatika, Ekonomi, dan Geografi. Sebanyak 72 orang siswa MAN IC Kota Palu mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN-M). Jumlah peserta masing-masing bidang lomba adalah sebagai berikut: (1) Kebumian 7 peserta; (2) Kimia 16 peserta; (3) Biologi 10 peserta; (4) Fisika 7 peserta; (5) Geografi 8 peserta; (6) Informatika Komputer 8 peserta; (7) Matematika 6 peserta (8) Astronomi 5 peserta dan (9) Ekonomi 5 peserta. Dari hasil seleksi ini akan diambil 5 siswa setiap bidangnya untuk kemudian akan dilatih dan dilakukan pembimbingan.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Palu Soim Anwar berharap siswa yang telah lolos KSN-M ditingkat madrasah akan diutus untuk mengikuti KSN di tingkat kota hingga ke tingkat Nasional nanti adalah siswa terbaik. Soim berharap agar prestasi yang telah diraih siwa MAN Insan Cendekia Kota Palu di Kompetisi Sains Nasional Kota Padang tahun 2017 Bidang Informatika atas nama Satriawan Sanusi dan tahun 2021. Bidang Kebumian Fahrezzy Arthur Ridho dapat terulang diraih siswa di tahun ini. “KSN tingkat madrasah ini lakukan selain untuk menyeleksi juga untuk mengetahui kemampuan anak-anak sesuai dengan bidangnya masing-masing, Kita berharap anak-anak bisa lolos pada tahapan selanjutnya baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional”. Harapnya.

Salah satu siswa yang mengikuti KSN-M Bidang Kebumian Fadel Lahude, sangat antusias karena selain menjadi ajang mengasah kemampuan, KSN-M ini dapat menjadi kebanggakan bagi saya, Insha Allah ketika lolos di tingkat madrasah dan akan berlomba pada tingkat Kota maupun tingkat provinsi saya akan belajar maksimal di latih oleh guru-guru pembimbing berpengalaman juga akan belajar secara mandiri, Ujarnya.

By. Moh. Sidik