Pelaksanaan CBT SNPDB MAN Insan Cendekia Kota Palu Tahun 2022 Berlangsung Sukses

Palu (MAN IC Kota Palu), Rabu, 26 Febuari 2022.  Berlangsung Pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Tahun 2022. berbasis online dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Secara serentak digelar di seluruh Indonesia. Oleh karena sistemnya online, maka para peserta bisa memilih lokasi pelaksanaan tes CBT. Madrasah Aliah Negeri Insan Cendekia Kota Palu menggelar CBT di dua lokasi yang pertama berlokasi di MAN IC Kota Palu menggunakan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa, lokasi yang kedua peserta tes CBT dapat malakukan di rumah masing masing. Jumlah peserta tes CBT di MAN Insan Cendekia Kota Palu secara keseluruhan sebanyak 383 peserta, akan tetapi yang memilih MAN IC Kota Palu sebagai pilahan utama sebanyak 183 siswa, sementara sebanyak kurang lebih 200 peserta tes yang memilih MAN IC Kota Palu sebagai pilihan ke dua.

Saat ini terdapat 23 lokasi tes CBT MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia, dari 23 MAN Insan Cendekia Se-Indonesia, total daya tampung siswa yang diterima berjumlah 2.236, putra maupun putri. MAN Insan Cendekia Kota Palu sendiri Tahun Pelajaran 2022-2023 mendapat tambahahan kuota, dari 96 Siswa/i kali ini bertambah menjadi 120. terdiri dari 60 putra dan 60 putri. “Sementara bentuk tes yang di ujikan adalah Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Untuk TPB, secara umum kontennya berupa tes psikologis dan kepribadian. Sedangkan TPA berisi materi IPA/IPS, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Pendidikan Agama Islam. Pelaksanaan SNPDB 2022 terdapat dua sesi, sesi pertama pukul 07.30–11.30 dan sesi kedua pukul 13.00 – 17.00.

Pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Tahun 2022 ini dibuka lansung oleh Plh. Kepala MAN Insan Cendekia Kota Palu, Moh. Sidik. Dalam sambutannya Sidik, mengharapkan, semoga pelaksanaan tes CBT SNPDB MAN Insan Cendekia Kota Palu khususnya tahun 2022 ini semuanya berjalan lancar, baik yang mengerjakan tes di lokasi MAN Insan Cendekia Kota Palu, maupun yang mengerjakan dari rumah dan tak ada kendala yang berarti serta dapat menghasilkan calon peserta didik yang berkualitas. “dalam seleksi ini madrasah tidak hanya membutuhkan calon siswa yang potensial tapi yang lebih diutamakan adalah yang berintegritas. Oleh karena itu kerjakan tes dengan sebaik baiknya dengan jujur dan berintegritas Insya Allah, apa yang kita kerjakan akan mendapatkan hasil yang maksimal dan semakin banyak peserta yg ikut tes, maka akan semakin baik (berkualitas) hasilnya. Ujarnya

Salah satu peserta tes yang ditemui Muh. Arabi Cahyana berharap agar saya bisa diterima dan menjadi bagian dari siswa MAN Insan Cendekia Kota Palu. Sehingga kami dan teman-teman dapat mengembangkan bakat dan hobi baik bidang akademiknya maupun non akademiknya. Harapnya.

By. Moh. Sidik