Pengumuman Hasil Akhir Seleksi SNPDB MAN IC, MAN PK dan MAKN TP 2022/2023 Telah di Rilis

Palu (MAN IC Kota Palu). Direktorat KSKK Madrasah pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI secara resmi telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Se-Indonesia. Selasa 15/03/2022.

Hasil kelulusan SNPDB itu tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 1441 tahun 2022 tentang Penetapan Nama-Nama Calon Peserta Didik Baru MAN IC, MAN PK, MAKN yang dinyatakan lulus seleksi jalur tes pada SNPDB MAN IC, MAN PK dan MAKN. Tahun Pelajaran 2022/2023.

Dalam SK dimaksud terlampir nama-nama calon peserta didik baru yang diterima pada beberapa MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan MA Kejuruan Negeri yang tersebar di seluruh Indonesia. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi terbagi atas dua kategori yakni Lulus Utama dan Lulus Cadangan. Khusus MAN Insan Cendekia Kota Palu 120 peserta dinyatakan lolos utama dan 30 peserta dinyatakan lolos cadangan. Selain itu para peserta yang mendaftar di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Palu bisa mengecek langsung melalui akun masing-masing.

Jumlah peserta tes CBT di MAN Insan Cendekia Kota Palu baik yang memilih MAN IC Kota Palu sebagai pilihan utama maupun yang memilih MAN IC Kota Palu sebagai pilihan ke dua secara keseluruhan sebanyak 383 peserta, semakin banyak peserta yg ikut tes, maka akan semakin baik, namun kuota yang disiapkan oleh pemerintah untuk MAN IC Kota Palu berjumlah 120 siswa.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Palu Soim Anwar berharap calon peserta didik yang dinyatakan lolos seleksi SNPDB adalah calon peserta didik terbaik. “dalam seleksi ini madrasah tidak hanya membutuhkan calon siswa yang berkualitas tapi yang lebih diutamakan adalah yang berintegritas. Disamping itu “MAN Insan Cendekia Kota Palu menerapkan sistem  boarding school (asrama) bagi seluruh peserta didik, sebagai upaya menyeimbangkan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual di kalangan siswa”. Pungkas Soim.

Salah satu peserta tes asal morowali Ahmad Abdul Aziz Lapuna menyatakan kegembiraannya dapat diterima dan menjadi bagian dari siswa MAN Insan Cendekia Kota Palu “Saya sangat senang bisa diterima di madrasah pavorit saya belajar bersama teman-teman mengembangkan bakat dan hoby baik bidang akademik maupun non akademiknya”. Tutur Ahmad.

By. Moh. Sidik.