Pramuka Zulfiah El-Fatih MAN IC Kota Palu Adakan Upacara Pelantikan Bantara

Palu (MAN IC Kota Palu), Praja Muda Karana (Pramuka) yang berpangkalan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Palu kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaan karakter yang dibingkai dalam pembinaan kepramukaan menggelar pelantikan Pramuka Bantara Kamis (10/03/22) sore di halaman Gedung Pendidikan.

Prosesi pelantikan berlangsung lancar dan khidmat. Diawali dari pembacaan laporan ketua panitia, pembacaan surat keputusan pelantikan, calon penegak bantara, pengucapan tri satya, penyematan lencana bantara, prosesi adat sebagai simbolis peresmian penegak bantara.

Dipelantikan tersebut 30 siswa yang dilantik terdiri dari 11 orang anggota Pramuka putra dan 19 orang anggota Pramuka putri yang sebelumnya telah melalui serangkaian ujian Syarat Kecakapan Umum, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik. sebagai syarat untuk kenaikan tingkat menjadi Pramuka Bantara.

Bantara merupakan tingkatan Syarat-syarat kecakapan umum Pertama sebelum penegak laksana. Kegiatan Pelantikan Bantara merupakan kegiatan rutin bagi kepramukaan di Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Palu. Bantara singkatan dari Bantuan Tenaga Rakyat, yang salah satu tugasnya membantu masyarakat maupun aparat dalam menjaga ketertiban masyarakat.

Upacara pelantikan dipimpin langsung oleh WKM Bidang Kesiswaan Ihsanul Fuad, dalam amanatnya Fuad berharap pelantikan Tegak Bantara harus bisa mengemban tugas dan amanah sebagai anggota Gerakan Pramuka pada jenjang Penegak. “Kakak berharap jadilah pioner Pramuka yang mampu menelorkan jiwa patriotisme dan nasionalisme. Capaian Tegak Bantara bukan hal yang mudah, harus melalui Tanda Kecakapan Umum yang penempatannya tidak lagi di lengan tetapi di pundak. Ini simbolisasi bahwa beban dan tanggung jawab Tegak Bantara itu jauh lebih berat dari sebelumnya. Terus gali potensi diri melalui wadah Gerakan Pramuka, InsyaAllah ke depan bisa melahirkan sosok pemimpin bangsa yang mampu meneruskan perjuangan para pendahulu kita. Ujar Fuad.

Sementara salah seorang siswa MAN IC yang dilantik menjadi Pramuka Bantara Lukmanul Hakim mengaku sangat senang telah dilantik dan naik peringkat pada tahapan yang lebih tinggi pada pendidikan kepramukaan dan berharap ke depan semakin mendapatkan banyak ilmu serta manfaat dari kegiatan pramuka. “Kami senang bisa mengikuti kegiatan pramuka di MAN IC Kota Palu, Ujarnya.

By. Moh. Sidik