Siswa Alumni Man IC Kota Palu Lakukan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malan

Palu (MAN IC Kota Palu). (24/03). Salah satu siswa alumni MAN Insan Cendekia Kota Palu yang dua Tahun menjadi Mahasiswa di Universitas Negeri Malang (UM) melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di MAN Insan Cendekia Kota Palu dan diterima langsung oleh WKM Bidang Humas, Moh. Sidik. Ia adalah Ahmad Holil Asyari siswa MAN IC Kota Palu yang pernah menjadi Icon karena prestasinya masuk Finalis Kompetisi Sains Madrasah bidang biologi tahun 2020. Siswa yang sering di sapa holil ini adalah mahasiswa universitas negeri malang yang diterima melalui jalur prestasi, UM merupakan kampus yang mendidik mahasiswa/i untuk menjadi seorang pendidik. Di samping mencetak calon guru, UM juga mendidik tenaga professional dan para wirausahawan muda. Universitas Negeri Malang (UM) sebagai kampus yang mengedepankan Excellence in Learning Innovation, mengutamakan kemampuan dan mutu lulusan berikut mutu pembelajarannya.

“UM juga membuka program merdeka belajar. Pertama bisa mengambil lintas prodi, lintas jurusan bahkan lintas fakultas dan universitas dari dalam dan luar negeri. Bagi yang ingin belajar dalam prodi saja maka program merdeka belajar di arahkan untuk pengembangan potensi diri, misalnya program kreativitas mahasiswa, KKN, kegiatan UKM Wajib yakni pramuka untuk 2 semester pertama dan satu UKM pendukung misalnya UKM IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) serta program magang sesuai dengan regulasi dari UM

Kepala Sub Direktorat Seleksi Mobilitas Mahasiswa MBKM Universitas Negeri Malang Agus Purnomo mengungkapkan Universitas Negeri Malang (UM) berhasil dinobatkan menjadi universitas paling berkelanjutan di dunia dan menduduki posisi ke-345 dari 914 universitas di dunia pada 2020. Dalam skala nasional, UM berhasil menduduki peringkat ke-26 dari 88 universitas di Indonesia, dengan skor 5900 dan masuk kategori silver.

UM banyak mengirimkan tenaga pengajar untuk mengikuti studi lanjut, S2 dan S3, baik di dalam maupun di luar negeri setiap tahunnya. Lanjut belaiau juga memaparkan tentang berbagai program studi, diantaranya Fakultas Ilmu Kesehaan masyarakat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan masih banyak Fakultas lainnya yang menarik. jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru dan peluang-peluang beasiswa yang tentunya menarik bagi siswa. Terang Agus.

Pada saat diskusi interaktif antara pemateri dan siswa, salah satu siswa Abdul Afif mengungkapkan cita-citanya ingin kuliah jurusan Teknik UM, kemudian siswa bertanya tentang syarat-syarat masuk UM melalui jalur khusus, jalur bebas biaya, dan jalur prestasi. Harapannya bisa diterima dan menjadi bagian dari mahasiswa Universitas Negeri malang. Ungkap Afif.

By. Moh. Sidik