Upacara Kenaikan Tingkat Penegak Bantara Pramuka Zulfia El-Fatih MAN Insan Cendekia Kota Palu

Kota Palu (MAN IC Kota Palu), Sabtu (26/02), Gerakan Pramuka pangkalan MAN Insan Cendekia Kota Palu Zulfia El-Fatih melaksanakan Upacara Kenaikan Tingkat Penegak Bantara yang dilaksanakan di halaman Gedung Pendidikan MAN IC. Kegiatan dimulai pukul 16.00 WITA. Penegak Bantara adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan umum pertama dalam satuan. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan”, atau “Tamu Penegak”. Upacara kenaikan tingkat bantara juga dihadiri oleh para alumni MAN IC Kota Palu yang ikut andil dalam upacara tersebut, sehingga acara semakin meriah. Upacara Kenaikan Tingkat Bantara dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan menciptakan kader-kader yang luar biasa di Pramuka dan membawa Pramuka MAN IC Kota Palu menjadi lebih maju dan berkembang.

Plh. Kepala MAN IC Kota Palu Moh. Sidik yang bertidak sebagai Inspektur Upacara kenaikan tingkat Bantara Pramuka Zulfia El-Fatih, dirangkaikan dengan pengambilan sumpah ikrar oleh kakak-kakak Pramuka Penegak Laksana sebagai janji mereka kepada Gerakan Pramuka Zulfia El-Fatih MAN IC Kota Palu periode tahun 2022/2023. Dalam amanatnya Sidik berharap usai upacara kenaikan tingkat Bantara ini kalian dapat mempertahankan dan terus mengamalkan Dasa Darma Pramuka, dan mendukung kegiatan kepramukan yang mengutamakan pembangunan karakter dan mental anggota pramuka harus terus dikembangkan dengan memotivasi diri untuk menjadi tangguh, disiplin, bertanggungjawab, berwibawa, cerdas, kreatif dan inovatif dalam mengikuti perkembangan jaman dengan tetap berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Dharma sebagai pedoman dan cerminan dalam perilaku anggota pramuka.

“Hendaknya pramuka yang telah dikukuhkan untuk lebih semangat dan giat mengembangkan minat, bakat dan pengetahuan tidak hanya di bidang kepramukaan saja tetapi juga harus mampu menguasai segala ilmu pengetahuan, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, seperti semangat yang di lahirkan oleh Bapak pandu seduania Boden Powell ” Pungkas Sidik.

My. Moh. Sidik